Display A Checkbox In Jasper Report

Assalamu'alaykum, kebetulan kemarin saya menemui kasus pada project yang sedang saya handle yang kebetulan serupa dengan judul artikel yang akan saya buat sekarang ini yaitu tentang bagai mana cara untuk membuat Checkbox pada Jasper Report.
Menampilkan Checkbox Pada Halaman PDF
Gambar diatas adalah hasil akhir dari project kemarin yang saya buat, bagi rekan-rekan yang sedang menemui kendala atau sedang mencari referensi untuk masalah yang sama, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Buat element menggunakan rectangle pada menu pallet kemudian sesuaikan dengan report yang telah kita desain sebelumnya, untuk lebih jelasnya bisa lihat pada gambar di bawah ini.

Menambahkan Elemen Rectangle dari Pallet


Element Checkbox dengan rectangle selesai dibuat



2. Selanjutnya kita buat penada yang akan kita gunakan untuk menandai checkbox yang kita/user pilih, kita bisa gunakan "X" atau "\u2713" (Karakter Checklist), pilih salah satu yang mau digunakan yah... :) , untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.

Menggunakan Karaker "X" untuk menandai checkbox

3. Tempatkan Karakter yang telah kita buat tadi persis di elemen Checkbox yang telah kita buat sebelumnya.

Menempatkan karakter "X" pada element checkbox 
4. Selanjutnya Setting kondisi, kapan karakter "X" itu di tampilkan, untuk langkah-langkahnya bisa lihat sesuai urutan angka pada gambar di bawah ini :

Setting kondisi, kapan karakter "X" itu di tampilkan

5.Setelah itu, silahkan coba preview ireport yang sudah di buat tadi. jika tidak ada masalah seharusnya akan menampilkan hasil seperti gambar di bawah ini.

Menampilkan Checkbox Pada Halaman PDF

Opsi lain jika menggunakan Karakter Checklist "\u2713" sebagai penanda
Opsi lain jika ingin menggunakan karakter check list 
Hasil akhir jika menggunakan Karakter Checklist "\u2713"




Ok, sekian untuk postingan artikel kali ini, semoga bermanfaat.. :)












Post a Comment

0 Comments